Alasan Mengapa Harus Menghemat Air Dan Cara Menghemat Air

Apakah Anda tahu bahwa di planet bumi ini 72 persennya adalah air? Survei google Amerika Serikan mengatakan bahwa bumi memiliki lebih dari 332.519.000 kubik mil air di dalamnya. Dengan jumlah yang sangat melimpah tersebut harusnya manusia tidak perlu bersusah paya menghemat air bukan? Lantas  apa sebenarnya alasan mengapa kita harus menghemat air?

Meskipun bumi menyimpan 72% air, namun tidak semua ir dapat dikonsumsi oleh manusia. Menurut National Geophysical Data Center NOAA, terdapat sekitar 321.003.271 kubik mil air di bumi adanya dilaut. Artinya 97% air yang ada di bumi adalah air asin.Itulah salah satu alasan mengapa kita harus mengehemat air.

Kandungan garam yang terapat dalam air laut sangatlah tinggi, bahkan lebih dari yang tubuh manusia bisa proses. Itu artinya manusia tidak bisa meminum terlalu banyak air asin karena bisa menyebabkan kematian.Mak dari itu, manusia hanya bisa mengonsumsi air tawar. Air tawar sendiri bisa ditemukan di danau, sungai, dna aliran air yang tidak mengandung banyak garam.

Kalau dihitung-hitung, bila 97% air ada di laut, berarti hanya 3% saja air yang bisa dikonsumsi oleh manusia.Jumlah yang sedikit ini juga belum termasuk 2% air yang mengendap sebagai gletser dan membeku di bawah laut.Maka dari itu, selain menghemat air, Anda juga perlu melakukan penjernihan air. Untuk melakukan penjernihan air, Anda dapat menggunakan  penyaringan air Nico filter.

Alasan lain mengapa kita harus menghemat air adalah untuk menjaga keseimbangan ekosistem air. Saat ini kebutuhan akan air besih mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan jumlah mausia di seluruh bumi ini makin bertambah setiao tahunnya.Belum lagi penemaran air yang semakin meresahkan akibat polusi, serta berbagai limbah industri.

Oleh karena itu, penyaringan air Nico filter dapat menjadi jawaban atas masalah-masalah tersebut. Alat penjernih air ini dapat menghilangkan kotoran, debu, karat, dan partikel lumpur dalam air. Selain itu, alat penjernihan air ini dapat menghilangkan polutan selama proses penyaringan. Terakhir, alat ini dapat membantu mencegah kerusakan pada alat dan penjernihan air.

Jadi, dengan menggunakan alat penjernihan air, Anda bisa melakukan penghematan air. Selain itu, Anda juga bisa tetap menjaga ekosistem air.Sebab, ekosistem air tidak hanya berguna untuk manusia saja. Namun juga makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan tumbuhan.Dengan menghemat air, Anda juga bisa menyimpan cadangan air untuk anak cucu di masa mendatang.

Selain untuk dikonsumsi, Anda juga harus menghemat air dalam kegiatan lainnya, seperti mencuci, memasak, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini cara menghemat air untuk mencegah kekurangan air di masa mendatang:

  • Memantau Penggunaan Air

 

Cara menghemat air yang paling mudah dilakukan yaitu dengan memantau penggunaanya. Pasalnya, jika tidak diawasi, hal-hal seperti air keran yang luber di bak mandi atau penampungan biasanya sering terjadi.

  • Matikan Keran Air yang Tidak Dipakai

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu hal yang sering menyebabkan pemborosan sumber daya air yaitu karena lupa mematikan keran air yang sudah tidak dipakai. Jika air yang mengisi bak penampungan sudah penuh atau sering tidak dipakai, sebaiknya langsung matikan keran air.

  • Perhatikan Durasi Mandi

Mandi memang merupakan salah satu aktivitas yang memang dibutuhkan.Terutama pada masa covid-19 kebersihan menjadi sebuah keharusan. Namun, Anda juga harus membatasi waktu mandi agar penghematan air dapan terealisasikan.