Dalam dunia kesehatan tentu saja sudah tidak asing dengan yang mananya edukasi gizi dan konseling gizi. Jika dilihat sekilas, pastinya kedua istilah ini nampak sama. Akan tetapi keduanya ternyata berbeda. Perbedaannya terdapat pada fungsi dan penerapannya dalam dunia kesehatan. Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Mengenal Edukasi Gizi

Edukasi merupakan istilah yang merujuk pada kata arti mendidik atau memberikan ilmu. Dengan kata lain, edukasi gizi adalah sebuah kegiatan sosialisasi terkait dengan gizi. Di sana akan dijelaskan berbagai macam hal mengenai gizi. Kegiatan ini biasanya diadakan pada beberapa tempat misalnya saja posyandu, seolah dan lainnya. Ini biasanya dilakukan oleh orang yang sudah profesional seperti para ahli gizi.Tujuan dari kegiatan edukasi gizi ini bermacam-macam, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Gizi

Gizi menjadi salah satu hal yang penting harus di perhatikan saat ini.  Ini hubungan sangat erat dengan kesehatan.  akan tetapi kesadaran masyarakat akan gizi sangat rendah. Dengan adanya edukasi gizi dan kesehatan ini mampu menyadarkan masyarakat dalam hal gizi sehingga mereka tahu bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh.

  1. Membantu Meningkatkan Terhadap Gizi

Dengan adanya edukasi tentang gizi akan membuat masyarakat pahanm dan tahu mengenai cara untuk memperbaiki gizi di dalam tubuh. Mereka akan diajarkan untuk mengetahui berbagai macam makanan yang ada harus di konsumsi yang mana bisa digunakan untuk memenuhi gizi harian.

  1. Menambah Pengetahuan Masyarakat Mengenai Gizi dan Kesehatan

Gizi menjadi salah hal yang harus diperhatikan pada saat ini. Mengingat kurangnya pengetahuan masyarakat terkait gizi, membuat mereka tidak paham mengenai hal tersebut. Di dalam edukasi gizi akan diajarkan berbagai macam hal mengenai apa saja yang terkait dengan gizi dan kesehatan serta berbagai macam jenis penyakit yang disebabkan oleh buruknya gizi. Selain itu mereka akan diajak juga untuk melakukan berbagai macam tips untuk meningkatkan gizi dan menerapkannya di dalam kehidupan sehari- hari. Selain beberapa fungsi tersebut, biasanya dalam edukasi gizi ini akan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi di dalam berbagai program perbaikan gizi juga.

Konseling Gizi

Lain halnya dengan edukasi gizi, konseling gizi ini biasanya dilakukan hanya oleh orang-orang yang mengalami gangguan terhadap gizi. Namun ada beberapa juga orang yang aware dengan kesehatan yang melakukan konsultasi ini. Konsultasi ini biasanya dilakukan oleh para ahli gizi yang sudah profesional. Layanan ini disediakan oleh klinik dan rumah sakit. Adapun tujuannya adalah sebagai berikut ini, yaitu:

  1. Memberikan Solusi Terkait Gizi

Seperti yang di jelaskan sebelumnya, orang yang melakukan konsultasi gizi adalah mereka yang mengalami masalah gizi. Mereka akan berkonsultasi dengan para ahli gizi mengenai masalah yang dihadapi. Para ahli gizi akan melakukan beberapa tindakan seperti wawancara dan tes untuk mengetahui riwayat kesehatan pada kliennya. Dengan begitu, akan ditemukan solusinya bagaimana mengatasi masalah tersebut.

  1. Sebagai Sarana Terapi

Konsultasi gizi bisa dijadikan sebagai terapi sebagaimana yang disebutkan di Gizigo.id . Di dalam website tersebut dijelaskan jika konsultasi gizi ini dapat dijadikan media terapi untuk orang yang mengalami gangguan masalah penyakit tertentu. Mereka bisa berkonsultasi mengenai permasalah penyakitnya dan kondisi gizi yang ada di dalam tubuhnya agar mempercepat dalam proses penyembuhan penyakit yang di derita.