Asal Usul Google, Selalu Tampil Sederhana Dulu dan Kini

 

Google adalah mesin pencari yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Sebelum disebut Google, mesin pencari ini namanya adalah 'BackRub'. Diketahui dua orang ini adalah Mahasiswa Pasca di  Stanford University. Mesin pencari mereka pun dioperasikan dengan server kampus.

 

Setelah adanya diskusi antara Larry Page dan Sergey Brin, mesin pencari yang mereka ciptakan diberi nama 'googolplex pada 1997. Lantas Larry Page pun menyingkat nama tersebut menjadi googol.

 

Setelah melakukan pencarian di database domain di internet, Sean pun salah ketik dan nama domain mereka menjadi Google.com. meski terjadi kesalahan, Larry pun menyukai nama tersebut. Tercatat nama domain google.com terdaftar pada 15 september 1997.

 

Sejak pertama dihadirkan halaman muka mesin pencari Google ini bersih karena kedua nya mengerti bahasa pemrograman HTML. Sampai saat ini pun halaman Google juga bersih karena kedua penemu ingin menampilkan mesin pencari yang sederhana yaitu pengguna cukup menekan tombol enter setelah mengetik kata kunci.

 

Meski demikian, Google hanya menampilkan logo dengan kreasi sebagai doodle untuk merayakan peristiwa tertentu atau tokoh penting tertentu Google sudah berkembang ke banyak produk layanan di internet seperti email, sistem operasi, hingga berbagai software,

 

Google saat ini berkantor pusat di Mountain View, California. Google pun kini sudah menjadi salah satu brand ternama di dunia mengalahkan Yahoo, dan mesin pencari yang lain. Kini telah terbentuk perusahaan yang bernama Alphabet yang menaungi Google dan usaha-usaha lain yang tidak terlalu berikatan dengan Google.