Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil

Agama Islam menganjurkan melakukan dzikir. Dzikir sederhananya adalah mengingat Allah SWT. Bacaan dzikir sendiri ada banyak macam dengan berbagai keutamaan.

Bacaan dzikir lazimnya dibaca dalam jumlah tertentu dan dalam waktu waktu tertentu. Salah satu keutamaan dzikir adalah membuat hati kita senantiasa terpaut dengan Allah SWT. Kita selalu ingat, dan merasa senantiasa bersama Tuhan.

Dengan demikian, kita akan lebih mendekatkan diri kepada Allah serta lebih berhati hati dalam melakukan sesuatu sebab merasa terawasi oleh sang Maha Kuasa.

Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas salah satu dzikir yang biasa dilafalkan oleh seorang muslim. Yakni dzikir Hasbunallah  Wanikmal Wakill. Dzikir ini punya banyak keutamaan sehingga dianjurkan untuk diamalkan.

Apa Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil?

Arti dari Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir adalah cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.

Bacaan ini merupakan bacaan dzikir yang dianjurkan. Sebagai pengingat dan anjuran bagi umat Muslim supaya senantiasa bertawakal dan berserah diri kepada  Allah SWT. Hanya Allah SWT satu satunya tempat memohon dan berlindung.

Seorang muslim dianjurkan untuk senantiasa berzikir, zikir sendiri artinya (mengingat). Secara lebih luas, adalah mengingat dan mendekatkan diri Allah SWT.

Keutamaan Dzikir

Keutamaan Dzikir adalah kita selalu mengingat Allah dan Allah senantiasa memperhatikan dan mengingat hamba-Nya yang berdzikir. Sebagaimana pada surat Al Baqarah ayat 152.

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil

Bacaan dzikir  Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir menurut sejumlah pendapat ulama, dapat  dibaca guna minta pertolongan Allah SWT. Makna lainnya menurut sumber lain, “hasbunallah” artinya Allah-lah yang mencukupi segala urusan.

Sementara menurut Al Khottobi makna “al wakiil” yakni  bertanggung jawab memberi rezeki serta berbagai kemaslahatan bagi hamba.

Maka arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir yakni “Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami”. Seperti ada pada surat Ali Imran ayat 173.

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir menandakan sikap pasrah kepada seorang hamba kepada Allah SWT dan menjadikan-Nya sebagai satu-satunya tempat berserah diri.

Manfaat Hasbunallah Wanikmal Wakil

  • Menjadi Muslim Sejati :Jika sungguh sungguh menghayati dsn meresapi makna hasbunallah wanikmal wakil. Seorang muslim tak ragu tempuh jalan bentar, tak gentar hadapi berbagai rintangan dan tak takut pada apapun  kecuali kepada Allah SWT.

  • Tidak Gampang Putus Asa : Berdzikir membuat seseorang tidak mudah putus asa apapun masalah dunia yang dihadapi. Karena Allahlah sebaik baiknya sandaran dan penolong.

  • Dilindungi dari Kejahatan : Allah SWT selalu melindungi hamba-Nya dari berbagai gangguan kejahatan bagi yang senantiasa berdzikir.

  • Menentramkan Hati : Membaca dzikir Hasbunallah membuat hati tentram, mendatangkan ketenangan.

  • Menjadi Dermawan : mengamalkan wirid hasbunallah wanikmal wakil juga membuat seseorang menjadi dermawan.

  • Bertawakal : Membaca Hasbunallah Wa nikmal Wakil juga membuat seseorang bertawakal.

  • Diberikan Kekayaan Lahir Batin : Allah akan berikan kekayaan lahir batin bagi yang mengamalkan dzikir Hasbunallah wanikmal wakil sebanyak banyaknya.

Itulah tadi informasi tentang arti Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil dan sejumlah keutamaan dzikir ini bagi yang mengamalkannya. Umat muslim memang sebaiknya senantiasa mengingat Allah dengan jalan dzikir. Dengan berdzikir maka hati menjadi lebih dekat, terpaut kepada Allah SWT. Sehingga kita akan merasa terawasi, terlindungi Tuhan.