4 Komponen Panel Surya

Panel surya tidak akan bisa bekerja jika tidak didukung dengan komponen yang baik. Meskipun dari luar hanya terlihat seperti bidang kaca, namun sejatinya banyak teknologi yang saling mendukung di dalamnya. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu apa saja komponen penting dalam rangkaian panel surya sebagai berikut!

Komponen Penting Panel Surya

  1. Panel

Panel adalah bagian dari panel surya yang fungsinya adalah menangkap cahaya yang mengarahkan. Panel ini sangat tipis sehingga perlu berhati hati saat proses pemasangannya. Panel ini juga mudah tergores sehingga pembersihannya harus hari hati. Kerusakan di bagian panel adalah masalah besar yang membuat proses konversi menjadi terganggu.

Lantas bagaimana dengan cara membersihkannya? Langkah terbaik untuk memberikan panel adalah dengan menggunakan lap khusus dan sabun. Jangan gunakan lap yang kasar karena bisa memicu munculnya goresan. Gunakan pula air bersih dengan suhu ruang. Anda tidak perlu menggunakan air panas saat membilas sabun, karena bisa meninggalkan noda.

  1. Charge Control

Charge control adalah bahan panel surya yang fungsi utamanya adalah menjaga baterai agar tidak kelebihan tegangan. Hal tersebut penting, karena kelebihan tegangan akan merusak sirkuit dna program yang ada di dalamnya. Charge control juga hadir untuk memperpanjang umur baterai karena asupannya yang tidak berlebihan.

Jiak komponen ini rusak, maka panel tidak akan bisa berjalan dengan baik. Anda harus mencari cara, bagaimana agar kinerja charge control bisa tetap optimal. Jika ada gangguan dengan panel, langsung saja hubungi pihak penyedia layanan agar mereka segera memberikan pertolongan. Gunakan teknisi profesional agar hasilnya memuaskan.

  1. Baterai

Baterai adalah komponen yang selalu ada di dalam barang elektronik. Jika di panel surya, fungsi utama dari baterai adalah untuk menyimpan daya yang berhasil dikonversi oleh panel. Keberadaan mereka pula yang membuat supply listrik masih bisa didapat, meskipun sudah malam. Baterai bisa menyimpan listrik dan menyalurkannya sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Lantas lebih baik baterai basah atau baterai kering? Pilihan tersebut berada di tangan anda. Diskusikan dengan pihak developer panel, apakah baterai yang mereka rekomendasikan. Jangan asal pilih karena kedua baterai itu memiliki sifat yang berbeda. Namun biasanya, setiap perusahaan sudah memulihkan baterai yang sesuai dengan kebutuhan sehingga anda hanya perlu menunggu saja.

Anda sebagai konsumen hanya perlu memilih paket layanan dan melakukan proses pembayaran. Nantinya pihak perusahaanlah yang akan membuat panel dan meakukan pemasangan. Anda sebagai klien bisa langsung menggunakan layanannya begitu benda tersebut terpasang dengan baik.

  1. Converter

Komponen keempat yang wajib ada di panel surya adalah converter. Fungsi mereka adalah untuk mengkonversikan arus yang awalnya DC menjadi AC. Tanpa mereka, maka panel tidak akan bisa menghasilkan listrik yang dapat digunakan oleh pemilik rumah. Informasi terkait dengan konverter ini bisa anda gali lebih dalam pada staff developer panel agar lebih gamblang.

Masalah terbesar pada panel surya terjadi jika ada kendala dengan konverternya. Jika komponen penting dalam rangkaian panel surya ini bermasalah, maka sulit bagi panel untuk mengemban tugasnya. Dipelrukan prose perbaikan dnegan segera. Demi mendapat layanan yang prima, pastikan anda memilih perusahaan yang terpercaya.

Itulah sekilas penjelasan terkait dengan komponen panel surya yang perluย  anda pahami. Penjelasan semacam ini sangat penting agar anda bisa menjaga setiap komponen tadi dengan baik. Pilih pula harga panel surya yang tidak terlalu murah agar kualitasnya lebih baik. Tentukan pula developer yang terpercaya agar pelayanannya memuaskan.