Awas! Ini Dia Daftar Skincare yang Mengandung Merkuri

—

by

in

Merkuri sekarang sudah bukan menjadi kata asing lagi. Anda juga pasti sudah familiar dengan kata ‘merkuri’. Hal yang langsung terlintas di pikiran Anda adalah efek negative yang ada pada senyawa merkuri. Tetapi ternyata belum banyak yang paham betul apa itu merkuri. Pada kesempatan kali ini, marilah kita bedah bersama apa itu merkuri dan efek negative apa saja yang ditimbulkan oleh merkuri.

Pengertian Merkuri

Merkuri merupakan suatu senyawa yang mengandung logam. Senyawa ini dapat ditemukan di alam sekitar. Biasanya merkuri ada pada air, udara, tanah, biji tambang, batu-batuan sebagai senyawa organik dan anorganik. Nama lain merkuri adalah air raksa. Tentunya untuk istilah ini pasti Anda lebih familiar, bukan? Tingkat merkuri yang ada pada udara, air, dan tanah masih tergolong rendah. Namun ada berbagai aktivitas manusia yang sangat dekat dengan paparan merkuri berfrekuensi tinggi seperti aktivitas di tambang. Para pekerja tambang mempunyai resiko yang besar dan dapat mengalami berbagai jenis penyakit kulit dan organ dalam akibat paparan merkuri.

Meskipun merkuri mempunyai dampak yang negative, senyama kimia yang satu ini juga populer dalam dunia kecantikan, terutama pada produk pemutih kulit. Merkuri digunakan dalam produk kecantikan yang satu ini karena merkuri dapat memperlambat pembentukan melanin. Dengan menggunakan produk pemutih yang mengandung merkuri, maka pengguna akan mempunyai kulit yang lebih cerah dalam waktu yang sebentar saja. Namun, justru inilah yang membuat produk pemutih tersebut berbahaya dan jangan sampai Anda menggunakan produk ini.

Resiko Penggunaan Merkuri

Terlalu sering terkena paparan merkuri dapat membahayakan Kesehatan kita. Karena itulah merkuri dilarang keras untuk digunakan pada produk kecantikan di berbagai negara karena terbukti berbahaya. Bukan hanya kulit saja yang mengalami dampak negatifnya namun juga aliran darah karena kandungan merkuri yang mudah terserap oleh kulit dan masuk ke dalam tubuh.

Merkuri adalah salah satu senyawa kimia yang mempunyai sifat korosif saat menyentuh permukaan kulit. Hal ini berarti akan membuat lapisan kulit Anda semakin menipis saat merkuri menyentuh kulit Anda. Semakin sering Anda terpapar oleh merkuri, maka Anda bisa mengalami kerusakan pada sistem urologi, sistem saraf, dan saluran pencernaan. Lebih parahnya lagi, merkuri dapat merusak berbagai organ tubuh seperti paru-paru, ginjal, jantung, otak, dan sistem kekebalan tubuh Anda. Bukan hanya orang dewasa saja yang terkena dampak negative merkuri, namun bayi dan anak-anak juga mempunyai resiko yang sama besar jika mereka terpapar merkuri. Bayi dan anak-anak dapat terpapar merkuri jika orang dewasa di sekitar mereka menggunakan produk yang mengandung merkuri. Bisa jadi bayi dan anak-anak tidak sengaja terpapar oleh merkuri saat orang di sekitar mereka menyentuh bayi dan anak-anak atau produk yang mengandung merkuri berada dalam jangkauan mereka. Bayi dan anak-anak yang terpapar merkuri akan mengalami gejala awal berupa ruam kemerahan pada kaki dan tangan serta muncul rasa sakit pada bagian yang terkena merkuri.

Jenis-Jenis Merkuri

Senyawa merkuri terbagi atas tiga jenis. Ketiga jenis ini mempunyai kandungan yang semuanya berbahaya untuk Kesehatan tubuh kita. Ketiga jenis tersebut adalah merkuri organic, merkuri anorganik, dan merkuri elemental. Lantas, apa saja yang membedakan ketiga jenis merkuri tersebut?

  1. Merkuri Organik

Merkuri organic atau metil merkuri mempunyai dampak negatif pada otak. Hal ini karena merkuri organic akan menyebabkan degenerasi pada sel neuron di otak Anda. Apalagi jika metil merkuri tersebut berwujud rantai pendek alkil. Jika terjadi degenerasi pada neuron otak, maka Anda akan merasakan rasa kebas di ujung kaki atau tangan, tuli, nyeri sendi, penyempitan jarak pandang, serta ataksia atau pergerakan badan yang tidak sinkron. Jika ibu hamil menggunakan produk kecantikan yang mengandung merkuri, maka merkuri organic dapat masuk lewat plasenta. Senyawa ini akan mempengaruhi pertumbuhan janin Anda sehingga bayi akan mengalami cerebral palsy bahkan kematian janin dalam kandungan.

  1. Merkuri Inorganik

Merkuri inorganik merupakan jenis merkuri yang dapat masuk ke dalam tubuh kita lewat saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan juga kulit. Jika Anda terkena paparan merkuri inorganik dengan jumlah yang tinggi, maka Anda bisa mengalami resiko gagal ginjal. Jika terpapar merkuri inorganik dalam jumlah yang rendah, maka Anda akan mengalami gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

  1. Merkuri Elemental

Jika Anda menghirup uap merkuri elemental, Anda bisa mengalami keracunan. Ini adalah dampak negatif yang sering terjadi. Kandungan merkuri elemental dalam bentuk padat atau cair jika terterlan memang tidak menyebabkan efek keracunan seperti halnya uap merkuri elemental. Namun jika Anda mempunyai saluran tidak normal dalam tubuh, maka Anda bisa mengalami keracunan. Terkena paparan merkuri elemental dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit pada saluran pencernaan dan saluran pernapasan

Karena merkuri sudah terbukti berbahaya, maka WHO melarang keras penggunaan merkuri untuk produk kecantikan apapun. Meskipun begitu, selalu ada penjual nakal yang lolos dalam menjual produk kecantikan yang mengandung merkuri. Mereka mengiming-imingi konsumen produk pemutih yang ‘katanya’ ampuh mencerahkan kulit dalam waktu sebentar saja namun dengan harga murah. Karena itulah Anda harus tahu daftar skincare yang mengandung merkuri. Daftar ini dirilis oleh BPOM dimana mereka sudah melakukan identifikasi pada bahan-bahan yang digunakan oleh beberapa merk berikut ini.

  1. Vitamin E dari Natural 99
  2. Krim pemutih siang dan malam har dari Temulawak
  3. Krim pemutih dari SP Special
  4. Produk merk HN
  5. Vitamin E dari Ling Zhi
  6. Produk pemutih dari Pemutih Dokter
  7. Diamond Cream
  8. Krim siang dan malam dari Tabita
  9. Krim malam dari SJ Sin Jung

Ini dia 9 daftar skincare yang mengandung merkuri. Kesembilan produk ini tentunya sudah ditarik oleh BPOM agar tidak ada lagi masyarakat yang membeli produk berbahaya tersebut. Apalagi sekarang ini produk skincare lokal dari negara kita sedang gencar-gencarnya. Banyak sekali merk yang menjual produk kecantikan akhir-akhir ini. Dengan banyaknya pilihan merk skincare tentu kita bisa memiliki resiko salah dalam memilih produk. Produk skincare yang akhir-akhir ini sedang populer memang nyata kepopulerannya. Hal ini didukung fakta bahwa produk skincare menjadi produk kedua yang sering dibeli oleh para konsumen. Untuk posisi satu sendiri masih diklaim oleh produk busana.

Meman banyak produk skincare lokal dengan kualitas yang bagus alias tidak mengandung merkuri. Namun kita juga harus memastikan apakah produk tersebut asli atau tidak. Karena jika produk itu palsu, besar kemungkinan produk tersebut mengandung bahan merkuri. Penyebaran produk palsu dengan bahan yang berbahaya ini tentu saja membuat Kesehatan para konsumennya menjadi tidak aman. Karena itulah Anda harus tahu bagaimana cara memilih produk skincare yang asli dan tidak mengandung merkuri.

Dengan banyaknya skincare palsu dan produk pemutih abal-abal membuat Anda harus lebih sadar apakah produk yang akan Anda beli asli atau tidak serta aman atau tidak. Berikut adalah Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memilik produk skincare yang aman.

Langkah Langkah Memilih Skincare yang Aman

  1. Cek Kemasan

Saat Anda hendak membeli skincare, selalu cek kemasannya terlebih dahulu. Dalam kemasan akan terdapat izin edar, bahan yang digunakan, tanggal kadaluarsa, label, dan klaim produk. Langkah ini adalag metode cek KLIK (kemasan, label, izin edar, dan kadaluarsa). Saat Anda membaca label pada kemasan, harap periksa setiap sisinya. Produk skincare yang asli pasti mempunyai kemasan yang baik dan logo-logo tertentu yang membedakan mana produk skincare yang asli dan yang palsu.

  1. Cek Nomor Izin Edar

Sebelum produk skincare dijual di pasaran, semua produk tentunya sudah melewati pemeriksaan dari BPOM, bahkan sudah mendapatkan izin resminya juga. Produk skincare yang asli sudah pasti mempunya NIE atau Nomor Izin Edar. Jika sudah ada NIE, maka bahan-bahan yang terkandung dalam produk skincare tersebut sudah pasti aman karena sudah diuji oleh BPOM sebelum diedarkan kepada masyarakat luas. Karena itulah produk skincare tersebut sudah pasti aman dari merkuri.

Namun, skincare yang mempunyai nomor izin edar pun juga bisa dipalsukan, lho! Karena itulah selalu luangkan waktu untuk mengunjungi web resmi BPOM untuk mengecek apakah nomor izin edar dari produk tersebut sudah benar-benar resmi masuk ke dalam daftar edar dari BPOM. Karena banyak juga penjual nakal yang hanya asal menempelkan nomor izin edar untuk menipu para calon konsumennya. Jika produk skincare yang sudah Anda punya ternyata tidak mempunyai nomor izin edar ataupun jika ada namun tidak terdaftar pada BPOM, maka produk tersebut sudah pasti palsu dan besar kemungkinannya mengandung bahan-bahan yang berbahaya seperti merkuri.

  1. Cek Tanggal Kadaluarsa

Jika Anda membeli skincare secara offline, maka Anda bisa melihat tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Namun jika Anda membeli produk skincare secara online, harap menanyakan kepada penjual terlebih dahulu. Tak jarang banyak orang yang mengira bahwa setiap produk skincare yang mereka beli pasti merupakan keluaran terbaru sehingga tanggal kadaluarsanya pun masih lama.  Bagaimana jika yang Anda beli merupakan stok lama? Karena itulah selalu cek tanggal kadaluarsanya terlebih dahulu. Menggunakan produk skincare yang sudah kadaluarsa, meskipun asli, dapat menyebabkan efek samping pada kulit dan organ tubuh lainnya.

  1. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Saking banyaknya produk skincare lokal yang ramai di pasaran, tentunya semakin banyak juga variasi harga yang bisa Anda pilih. Memang ada sebagian produk skincare yang dijual dengan harga yang cukup menguras kantong. Karena itulah ada sebagian konsumen yang memilih produk skincare dengan harga yang lebih murah. Bahkan ada juga yang memilih produk dengan harga yang benar-benar murah. Saking murahnya sehingga tidak masuk akal.

Namun Anda jangan tergiur dengan harga yang murah. Apalagi yang murahnya tidak wajar. Produk skincare dengan harga murah bisa jadi mengandung merkuri yang justru akan membahayakan Kesehatan Anda. Hal ini juga beriringan dengan produk skincare merk tertentu yang dijual dengan harga murah ternyata itu adalah produk palsu.

  1. Beli di Tempat Resmi

Karena itulah sebaiknya Anda membeli produk skincare di toko atau distributor resmi. Mereka lah pihak yang menjual produk yang asli. Jika Anda ingin berbisnis produk skincare, kunjungi distributor resmi yang menjual barang asli dengan harga murah contohnya perusahaan maklon kosmetik.