Cara Unreg Kartu Indosat Tanpa Ribet

Saat mendaftarkan nomor kartu atau registrasi, Anda memerlukan data NIK dan Nomor KK. Namun, cara unreg kartu Indosat lebih mudah dilakukan karena tidak perlu mengisi NIK dan Nomor KK. Anda hanya perlu mencantumkan nomor yang ingin di unreg.

Apa sih unreg kartu itu? Unreg kartu adalah langkah yang dilakukan untuk membatalkan registrasi kartu yang sudah didaftarkan sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan untuk beberapa kondisi. Misalnya seseorang ingin registrasi kartu baru, sedangkan sebelumnya sudah pernah registrasi 3 kali. Karena jumlah maksimal 3 nomor sudah tercapai, Anda perlu unreg salah satu untuk registrasi kartu baru lainnya.

Cara Unreg Kartu Indosat Lewat SMS

Unreg kartu yang sudah tidak digunakan lagi sangat perlu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan dari nomor tersebut. Hal ini karena kartu yang sudah di registrasi akan terlacak Nomor KTP dan Nomor KK seseorang. Apalagi jika nomornya hilang dan tidak diketahui keberadaan fisiknya, sangat mungkin untuk dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Itu sebabnya Anda perlu melakukan unreg jika nomor tersebut memang benar-benar tidak terpakai lagi. Nah, berikut ini cara unreg kartu Indosat dengan memanfaatkan layanan pesan atau SMS.

  • Buka menu pesan di ponsel Anda
  • Buat SMS dengan format : UNPAIR#Nomor HP#lalu kirim ke 4444, contohnya : UNPAIR#085376487293#
  • Selanjutnya ditunggu beberapa saat hingga mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan keberhasilan proses unreg nomor

Unreg Kartu Indosat Lewat Panggilan

Tak hanya melalui SMS, cara unreg kartu Indosat juga bisa dilakukan lewat panggilan telepon. Dengan melakukan unreg terhadap nomor yang sudah tidak terpakai, Anda dapat menghindari data ganda yang terdaftar di Dukcapil. Berikut ini langkah-langkah untuk unreg kartu Indosat lewat panggilan atau kode USSD.

  1. Buka menu panggilan pada ponsel Anda
  2. Ketik *123*4444#lalu tekan tombol memanggil atau call
  3. Lalu akan muncul beberapa pilihan, silahkan pilih nomor 4 dan tekan OK
  4. Setelah itu akan muncul konfirmasi ulang, silahkan ketik angka 1 lalu tekan OK
  5. Jika berhasil, Anda akan menerima notifikasi ‘UNPAIR Nomor Anda Berhasil’

Unreg Kartu Indosat Lewat Customer service

Jika kedua cara di atas belum berhasil, kemungkinan server sedang sibuk. Anda bisa mencoba kembali setelah menunggu beberapa saat atau bisa juga mengunjungi gerai Indosat terdekat. Di sana ada petugas customer service yang siap membantu Anda dalam proses unreg nomor. Terkait proses unreg nomor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Jika nomor yang ingin di unreg hilang, Anda perlu membawa dokumen KK dan KTP
  • Nomor yang sudah di unreg tidak bisa di aktivasi atau registrasi kembali
  • Sebelum melakukan unreg, pastikan info nomor kontak sudah dipindahkan agar tidak kehilangan daftar kontak Anda

Setelah melakukan cara unreg kartu Indosat, informasi NIK dan Nomor KK Anda sudah tidak ada sangkut pautnya dengan nomor tersebut. Dengan kata lain, jika nomor atau kartu tersebut disalahgunakan oleh orang lain, Anda tidak perlu bertanggung jawab. Yang penting Anda sudah berhasil unreg sebelum terjadi penyalahgunaan nomor.

Anda pun bebas melakukan registrasi dengan nomor baru dan bisa menikmati layanan telepon, SMS dan internet dari nomor baru tersebut. Jangan lupa untuk mengisi pulsa agar bisa menikmati layanan tersebut. Supaya lebih praktis, Anda juga bisa isi pulsa secara mandiri dengan menjadi agen pulsa. Cara daftar agen pulsa bisa dengan mengunjungi gerai pulsa terdekat atau manfaatkan aplikasi marketplace.