Ini Dia 4 Cara Menghilangkan Gatal di Wajah Akibat Kosmetik

โ€”

by

in

Kosmetik adalah salah satu benda yang banyak digunakan oleh semua kalangan terutama wanita. Hal ini karena kosmetik mampu membuat wajah tampak lebih cantik dan berseri. Namun jika tidak cocok, maka bisa mengakibatkan berbagai macam dampak, salah satunya gatal. Ini dia ada 4 cara menghilangkan gatal diwajah akibat kosmetik untuk kamu.

4 Cara Mudah Menghilangkan Gatal di Wajah Akibat Kosmetik

  1. Dengan Mengoleskan Pelembab

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengoleskan pelembab untuk wajah kita. Salah satu cara ampuh satu ini cukup ampuh untuk mengatasi kondisi wajah yang mulai terasa gatal akibat kosmetik. Namun pastikan kamu juga harus menggunakan pelembab yang memiliki tekstur lembut dan pastinya juga cocok dengan kondisi kulit wajah kamu.

Pastikan juga kamu juga harus menghindari berbagai macam produk kosmetik ataupun pelembab yang mengandung pewangi dan pengawet. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari iritasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa produk yang kamu gunakan sudah terstandarisasi oleh BPOM.

Setelah tahu berbagai macam kandungan diatas, maka disatu sisi kamu juga harus menggunakan produk pelembab yang mengandung emolien. Ada yang tahu kandungan ini berfungsi untuk apa? Jadi pada dasarnya kandungan emolien mampu melindungi kulit dan juga meredakan rasa gatal di area wajah.

  1. Lakukan Kompres Dingin

Cara kedua yang wajib untuk kamu coba adalah dengan melakukan kompres dingin. Langkah yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh semua kalangan masyarakat terlebih mereka yang sering merasakan gatal di area wajah karena kosmetik. Berbagai macam peralatan yang wajib untuk dipersiapkan antara lain adalah kain lap lembut atau handuk serta air dingin.

Lalu bagaimana cara mengaplikasikannya? Jangan khawatir, jadi cara tepat untuk mengaplikasikannya adalah dengan menyiapkan air dingin dalam suatu wadah. Jika sudah, celupkan handuk atau kain lap dingin untuk kompres area kulit yang mengalami gatal. Lakukan secara bertahap dan setiap hari untuk mendapatkan manfaat lebih maksimal.

  1. Hindari untuk Menggaruk Kulit Wajah yang Gatal

Kulit wajah yang gatal sudah semestinya membuat kita kewalahan jika harus menahan agar tidak digaruk. Sebab dengan menggaruk bisa memberikan kenikmatan tersendiri pada area yang gatal tersebut. Namun asal kamu tahu bahwa dengan menggaruk area yang gatal tersebut justru akan memberikan dampak negatif pada kulit kamu, bahkan gatal bisa menjalar di area lainnya.

Oleh karena itu, jika kulit wajah kamu terasa gatal pastikan untuk tidak menggaruknya terlebih dahulu hingga kondisinya membaik. Namun jika dirasa gatalnya semakin menjadi, maka jangan lupa untuk segera konsultasi ke dokter kulit wajah agar bisa ditangani lebih lanjut oleh yang bersangkutan.

  1. Hentikan Penggunaan Produk

Wajib untuk kamu ketahui bahwasannya cara untuk menghilangkan gatal di wajah akibat kosmetik selanjutnya adalah dengan menghentikan penggunaan produk. Bila dirasa produk tersebut memang tidak cocok dan justru memberikan efek gatal, maka dengan berhenti menggunakannya menjadi pilihan yang tepat.

Disatu sisi selain cara menghilangkan gatal di wajah akibat kosmetik ini juga bisa dicegah dengan memilih produk berkualitas. Dimana produk yang berkualitas tersebut bisa dilihat dari proses pembuatan hingga penjualan yang tepat. Hal itu bisa dilihat dari berbagai produk yang ditangani oleh maklon kosmetik. Dengan menggunakan jasa tersebut, maka dijamin produk yang dijual pasti berkualitas.

Kesimpulannya adalah bahwasannya ada 4 cara untuk menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh kosmetik. Keempat cara tersebut antara lain adalah dengan menggunakan pelembab, lakukan kompres dingin, hindari untuk menggaruk kulit wajah yang gatal, dan juga hentikan penggunaan produk.