Berapa Gaji Dokter? Inilah Daftar Gaji Dokter Umum Dan Spesialis

Dokter merupakan profesi di bidang kesehatan yang tugasnya membantu orang yang sakit.ย  Profesi mulia ini tidak mengenal masa pensiun oleh karenanya banyak dokter usia lanjut masih bisa menangani pasien.

Untuk menjadi dokter memerlukan biaya yang banyak,ย  namun apakah gaji yang didapatkan oleh dokter ini sepadan dengan biaya yang dikeluarkan untuk menempuh pendidikan kedokteran? Hal ini bisa ditentukan dari beberpa faktor seperti tingkat jabatan, dan juga jenis dokter.

Apakah dokter tersebut sebagai dokter umum ataupun dokter spesialis. Oleh sebab itu pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai besaran gaji yang diterima seorang dokter.

1. Gaji Dokter Umum

Dokter umum yang bekerja di Puskesmas mendapatkan gaji kurang dari 3 juta per bulan ataupun sebagai dokter pengganti di suatu Puskesmas. Berdasarkan data penelitian gaji pokok rata-rata dokter umum pada Tahun 2022ย  adalah sebesar: Rp.3.849.573,-

2. Gaji Dokter Spesialis

Dokter spesialis mendapatkan besaran gaji lebih tinggi dibanding dokter umum. Disamping itu karena untuk mencapai diposisi dokter spesialis harus menempuh pendidikan khusus dan tanggung jawab yang besar, maka gaji dokter spesialis layak untuk mendaparkan gaji tinggi, yaitu menurut Kemenkes mencapai Rp 23 juta sampai Rp 25 juta per bulan. Gaji yang diterima tersebut belum termasuk insentif dari pelayanan kesehatan.

3. Gaji Dokter Gigi

Dokter gigi merupakan dokter spesialis yang hanya menangani masalah gigi. Untuk besaran seorang gaji dokter gigi cukup tinggi, yaitu bisa mencapai Rp 12 juta sampai Rp 30 juta tiap bulannya, gajiย  tersebut sudah termasuk tunjangan dan juga gaji pokok.

4. Gaji Dokter Bedah

Dokter bedah adalah dokter yang spesialisasinya berfokus pada metode pembedahan pasien di Rumah Sakit. Dengan kata lain dokter bedah merupakan cabang dari kedokteran spesialis yang mengobati permasalahan medis pasien menggunakan metode bedah/operasi.

Di Indonesia dokter bedah rata-rata mendapatkan gaji tinggi yaitu Rp 20 juta – Rp 45 juta per bulan. Gaji dokter bedah akan semakin tinggi jika pengalaman dan status kepegawaiannya semakin tinggi dari pula.

5. Gaji Dokter Hewan

Berikutnya adalah gaji dokter hewan.ย  Tugas dari doktwr hewan sendiri adalah menangani berbagai penyakit yang ada pada hewan. Untuk besaran gaji yang diterima ini sendiri yaitu kisaran Rp 4 juta sampai Rp 10 juta per bulan, nominal tersebut bisa berbeda tergantung profesi yang sedang dijalankan dan juga tingkat kesulitan ketika melakukan pengobatan.

Alasan Mengapa Gaji Dokter Besar

Saat ini gaji dokter dianggap besar, karena seperti yang telah dibahas sebelumnya, dokter merupakan profesi yang tetap dibutuhkan sepanjang masa.

Selain itu untuk mendapatkan gelar profesi ini, mahasiswa kedokteran harus melewati tahapan yang lama karena berurusan dengan nyawa seseorang. Terlebih jika menjadi dokter spesialis, perlu waktu yang tidak sebentar.

Selain itu tingkat resiko juga tinggi seperti pada pandemi covid-19. Dokter menjadi garda terdepan dalam menangani orang yang terjangkit virus ini, resiko terpapar juga tinggi hingga banyak dokter yang gugur sepanjang pandemi covid-19.

Maka besaran gaji yang diterima seorang dokter sepadan dengan perjuangan,pengorbanan serta keahliannya untuk menangani pasien.

Demikianlah informasi mengenai gaji dokter, menjadi seorang dokter merupakan pekerjaan yang mulia karena banyak membantu pasien agar sembuh dari penyakit yang dideritanya. Selain itu juga profesi ini menawarkan masa depan cerah karena akan terus dibutuhkan dalam masyarakat. Jadi jika kamu ingin kuliah di jurusan kedokteran dan bisa lolos seleksi masuk bisa segera ikuti BIMBEL KEDOKTERAN TERBAIK.