Tugas utama pelajar adalah belajar. Namun, bukan berarti pelajar tidak dapat memulai bisnis. Pasalnya, berwirausaha tak hanya dapat membantu pelajar untuk mendapatkan uang saku tambahan, tetapi juga dapat menempa mental mereka. Dengan begitu, nantinya pelajar akan menjadi lebih siap untuk terjun di masyarakat.

Beberapa peluang bisnis untuk pelajar yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis pulsa dan paket data

Dengan perkembangan teknologi, pengguna telepon genggam maupun smartphone semakin banyak. Perangkat elektronik ini tidak hanya dapat digunakan untuk menelepon atau mengirim pesan singkat kepada anggota keluarga atau teman, tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana browsing di internet maupun media sosial.

Untuk dapat melakukan kegiatan tersebut, dibutuhkan pulsa dan juga paket data. Dengan adanya pandemi yang mempercepat proses transformasi digital, paket data pun bukan lagi barang mewah, melainkan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi.

Oleh karena itulah bisnis pulsa dan paket data ini sangat prospektif. Memang tidak seprospektif bisnis kuliner, tetapi bisnis pulsa dan paket data ini sangat cocok untuk dilakukan pelajar.

  1. Bisnis online shop

Bisnis online shop berarti berbisnis dari toko digital. Untuk melakukan bisnis online shop, seorang penjual dapat memproduksi barang sendiri kemudian menjualnya, tetapi bisa juga dengan menjual barang yang diproduksi pihak lain. Dalam bisnis online shop, istilahnya adalah reseller dan drop shipper.

Meski sama-sama menjual barang atau produk yang dibuat oleh pihak lain, reseller berbeda dari drop shipper. Perbedaan keduanya dapat dilihat pada sistem bisnisnya di mana reseller menjual kembali produk yang telah dibeli, sementara drop shipper menjual barang dari supplier atas nama dirinya.

Dari sistem keduanya, sudah jelas jika reseller membutuhkan modal untuk membeli barang dari supplier serta tempat penyimpanan untuk menampung barang tersebut. Dengan kata lain, reseller memiliki stok barang atau produk yang dijualnya.

Sebaliknya, drop shipper tidak memiliki stok barang karena barang yang dibeli langsung dikirim ke konsumen dari supplier. Dengan kata lain, drop shipper hanya semacam perantara antara supplier dan konsumen.

Untuk pelajar, bisnis online yang direkomendasikan adalah reseller dan drop shipper. Ini karena modal yang dibutuhkan cenderung tidak banyak. Dengan begitu, sekalipun masih pelajar, bisnis online ini dapat tumbuh semakin besar dan semakin dikenal.

  1. Bisnis print online

Pelajar terutama mahasiswa kerap diberi banyak tugas seperti laporan, makalah, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah bisnis print di komplek kampus atau sekolah memiliki prospek yang sangat baik.

Pelajar atau mahasiswa umumnya akan mencetak atau print tugas di tempat fotokopi. Sayangnya, tempat print dan fotokopi biasanya ramai sehingga harus mengantre.Mengantre terlalu lama jelas tidak akan menyenangkan. Oleh karena itulah Anda dapat memulai bisnis print online.

Caranya adalah pengguna jasa mengirimkan file atau berkas yang ingin dicetak kepada Anda. Selanjutnya, Anda akan mencetak file atau berkas tersebut tanpa membuat konsumen terlalu lama mengantre.

  1. Jasa edit foto dan video

Media sosial di masa sekarang tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi, melainkan digunakan juga sebagai media promosi. Pasalnya, pengguna media sosial terus mengalami peningkatan.

Melalui media sosial, orang-orang dapat saling berbagai foto maupun video. Tak hanya itu, banyak dari pengguna media sosial juga berlomba-lomba dalam membuat konten yang menarik.

Untuk melakukannya, dibutuhkan seorang editor (baik foto maupun video) yang kompeten. Oleh karena itulah jika Anda memiliki minat dan juga kemampuan dalam mengedit foto dan video, disarankan untuk membuka jasa edit foto dan video.

Dengan begitu, tak hanya dapat memperoleh uang saku tambahan, Anda juga bisa mengasah dan mempertajam kemampuan tersebut. Terutama jika Anda ingin melanjutkan pendidikan di bidang multimedia.

  1. Jasa desain

Terlepas dari jurusan, jika Anda merupakan mahasiswa atau pelajar yang memiliki minat dalam desain grafis, sangat direkomendasikan untuk membuka jasa desain. Pasalnya, jasa desain banyak dibutuhkan di masa sekarang. Desain grafis  juga dibutuhkan di berbagai bidang.

Beberapa contoh pekerjaan desain yang dapat dilakukan adalah desain poster, desain banner, desain undangan, desain kaus, desain sampul buku, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itulah tidak mengherankan jika peluang bisnis jasa desain ini masih sangat terbuka lebar.Anda hanya butuh kreativitas serta kemampuan yang baik dalam mengoperasikan software atau aplikasi desain grafis.

Dengan memulai usaha jasa desain, tak hanya uang jajan yang didapat, Anda juga dapat menambah pengalaman dan mengasah kemampuan. Saat waktunya tiba, kemampuan itu akan dapat digunakan kembali baik untuk memperbesar bisnis maupun untuk melanjutkan pendidikan di bidang tersebut.

  1. Penulis lepas

Penulis lepas atau yang juga disebut sebagai freelance writer merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan pelajar di waktu luang untuk mendapatkan uang saku tambahan.

Meski tujuan utamanya adalah untuk menambah uang saku, menjadi penulis lepas juga dapat memberikan keuntungan lain. Salah satunya adalah dapat menambah wawasan karena menjadi penulis lepas berarti harus dapat menulis dengan topik atau tema yang berbeda-beda.

Tak hanya itu, menjadi penulis lepas juga dapat mengasah kemampuan pelajar dalam menulis karena mereka akan belajar untuk menulis dengan sistematis, padat, dan juga jelas. Dengan kata lain, bisnis sebagai penulis lepas dapat membuat seorang pelajar belajar mengedit tulisannya agar sesuai dengan apa yang ingin disampaikan.

  1. Jual barang bekas

Barang bekas atau yang sering disebut preloved adalah alternatif bagi mereka yang menginginkan suatu barang tetapi tidak memiliki cukup uang untuk membeli barang tersebut dalam kondisi baru. Barang-barang tertentu yang sifatnya bekas tetapi masih layak cenderung diminati sebagian orang karena harganya yang lebih murah.

Oleh karena itulah jika Anda ingin mencoba melakukan bisnis ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu barang apa yang banyak dicari orang dan sedang tren.

Dari segi promosi, Anda dapat memberitahukannya kepada teman satu kampus maupun menggunakan media sosial. Dengan begitu, bisnis preloved atau barang bekas tersebut pun akan berkembang.

  1. Bisnis les

Pelajar atau mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih alias pintar dan mampu menyalurkan ilmunya kepada orang lain cocok menjalankan bisnis les atau bimbingan belajar.

Bimbingan yang dimaksud tidak terbatas pada pendidikan secara formal di sekolah. Tergantung kemampuan yang dimiliki, Anda pun dapat memberikan bimbingan belajar, les, atau kursus di bidang tertentu. Misalnya bermain gitar, vokal, berenang, dan lain-lain.

Dengan membuka bisnis les, Anda akan mendapatkan uang saku tambahan. Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah cara ini dapat menajamkan ingatan sehingga Anda tidak akan mudah melupakan sesuatu. Hal ini jelas akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

  1. Jasa penerjemah

Bagi mahasiswa jurusan bahasa atau sastra asing yang telah memiliki kemampuan mumpuni sebagai penerjemah, membuka jasa penerjemah dapat dilakukan. Pasalnya, referensi serta literatur yang ada di lingkungan kampus biasanya tidak terbatas pada satu bahasa saja.

Referensi yang menggunakan bahasa asing pun ada karena biasanya mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris. Pada jurusan tertentu, bahasa Inggris bahkan diajarkan hingga ke tahap yang lebih advanced.

Oleh karena itulah tidak aneh jika jasa penerjemah bisa sangat dibutuhkan di lingkungan kampus. Karena alasan inilah mahasiswa jurusan bahasa asing maupun mahasiswa dari jurusan lain yang mampu menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya, sangat disarankan untuk membuka jasa penerjemah.

Dengan begitu tak hanya uang saku tambahan, kemampuan dalam menerjemahkan juga akan ikut terasah. Pengalaman tersebut juga akan berguna terutama ketika Anda ingin memiliki pekerjaan penuh sebagai penerjemah.

  1. Bisnis pakaian

Bisnis fashion atau pakaian merupakan salah satu bisnis dengan peluang yang cukup menjanjikan, terutama di kalangan pelajar dan anak muda yang cenderung ingin tampil modis dan bergaya kekinian. Oleh karena itulah bisnis ini cukup direkomendasikan bagi pelajar.

Karena fashion terus berkembang dan berubah, agar bisnis ini dapat berjalan lancar, Anda disarankan untuk mengikuti tren fashion. Dengan begitu, produk pakaian yang dijual pun tetap relevan dengan tren fashion terbaru. Alhasil, target konsumen pun akan merasa puas.

Jangan lupa untuk memilih produk pakaian yang berkualitas, tetapi harganya murah dan terjangkau. Dengan menerapkan strategi ini, bisnis pakaian Anda pun akan dapat berkembang dengan cepat.

  1. Bisnis buku bekas

Mahasiswa dan pelajar tidak akan lepas dari buku karena dari bukulah mereka belajar. Meski sekarang buku tampaknya semakin kurang diminati dengan adanya kemudahan mengakses informasi di internet, buku tetap menjadi salah satu pilihan utama bagi mahasiswa.

Terutama untuk mengerjakan tugas dan agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Sayangnya, ada beberapa buku yang memang harus dibeli. Oleh karena itulah bisnis buku bekas termasuk salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk dilakukan oleh pelajar.

Dengan membuka bisnis buku bekas dan menjualnya dengan harga yang murah, Anda dapat membantu rekan-rekan sesama mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan buku akademis tetapi tidak sanggup membeli yang baru karena harganya mahal,

  1. Bisnis kuliner atau catering

Bisnis kuliner atau catering adalah salah satu bisnis dengan prospek yang sangat baik dan menjanjikan. Selama dilakukan dengan benar, bisnis kuliner atau catering dapat berkembang. Kuncinya adalah mengerti keinginan dan juga selera dari target konsumen.

Anda juga harus memikirkan tentang desain kemasan untuk produk Anda. Jangan lupa untuk membuat banner serta membuat dekorasi menarik untuk outlet. Dengan begitu, konsumen pun akan semakin tertarik untik membeli.

Namun, jika Anda belum memiliki kemampuan untuk membuka outlet, maka Anda dapat menggunakan cara lain. Misalnya dengan membuat camilan ringan dan menjualnya langsung kepada teman di lingkungan sekolah atau kampus.

Selain bisnis kuliner yang telah disebutkan, ada juga peluang bisnis untuk pelajar yang dapat memberikan banyak keuntungan, yaitu bisnis minuman ringan. Jika Anda berminat melakukan bisnis tersebut, maka maklon minuman serbuk adalah salah satunya.

Penyedia jasa maklon minuman serbuk memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis minuman serbuk sehingga Anda pun tak perlu lagi membeli perlatan tersebut.