Terdapat 2 jenis pekerjaan yang bisa ditemukan yaitu tenaga kerja yang menghasilkan barang dan tenaga kerja yang menghasilkan jasa. Pekerjaan menghasilkan jasa adalah pekerjaan menyediakan suatu bentuk jasa yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat. Berikut 5 contoh pekerjaan yang menghasilkan Jasa

Pengertian Pekerja Jasa

Pekerja layanan adalah pekerja atau orang yang bekerja di departemen layanan atau layanan untuk orang lain. Seorang pekerja layanan juga dapat didefinisikan sebagai orang yang melakukan pekerjaan menyediakan layanan dengan memberikan keterampilan khusus untuk membantu atau mendukung kebutuhan konsumen.

Karakteristik Pekerjaan Jasa

Karakteristik pertama yaitu Intangible atau tidak berwujud. Ini adalah salah satu karakteristik dasar bekerja di sektor jasa. Dengan kata lain, produk bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Kedua, bersifat Variability yaitu pekerjaan yang terkait dengan layanan bersifat heterogen dan dapat dengan mudah diubah.

Hasil pekerjaan jasa tergantung pada siapa, kapan, dan di mana produk itu diproduksi. Selanjutnya, Inseparability yang diartikan bahwa pekerjaan departemen jasa tidak dapat dipisahkan pada saat yang sama dengan produksi dan konsumsi jasa. Dan yang terakhir, Perishability atau produk dari operasi jasa mudah hilang dan tidak tahan lama

Contoh Pekerjaan Jasa

  1. Penerjemah

Profesi ini bertanggung jawab untuk menerjemahkan berbagai jenis dokumen bisnis, karya sastra, materi ilmiah dan film dari bahasa sumber ke bahasa sasaran. Pekerjaan di bidang ini tidak hanya membutuhkan kemampuan yang didukung oleh pengetahuan bahasa asing, tetapi juga kemampuan untuk menduplikasi pesan dari karya dan dokumen yang diterjemahkan ke dalam bahasa target.

  1. Desainer Grafis

Bisnis ini mirip dengan bagi para pembuat film. Desainer grafis seringkali tidak dianggap sebagai pekerjaan yang menjanjikan karena gaji mereka diperkirakan sangat rendah. Namun, banyak perusahaan sekarang membutuhkan desainer grafis untuk membantu departemen periklanan dan acara mereka agar layanan tidak menjadi lebih murah.

  1. Konsultan SEO dan SEM

Optimisasi mesin pencari dan pemasaran mesin pencari adalah dua jenis teknik pengoptimalan yang perlu digunakan perusahaan dalam iklan online untuk mendapatkan transaksi dan pelanggan dari Internet. Pekerjaan layanan ini membutuhkan waktu penerbangan yang tinggi untuk menampilkan situs web perusahaan di halaman pertama pencarian Google

  1. Arsitek

Arsitek tidak hanya perlu mendesain, tetapi juga memikirkan interior ruangan, estetika dan, tentu saja, budaya bangunan yang dibangunnya. Dalam pekerjaan ini, anda dapat mendesain secara langsung menggunakan berbagai aplikasi. Hal tersebut mempermudah pekerjaan arsitek tanpa harus menggambar dengan pensil atau kertas.

  1. Audio Engineer

Pekerjaan yang menghasilkan jasa selanjutnya adalah sound engineer, atau biasa dikenal sebagai audio engineer. Anda dapat bekerja di belakang layar untuk menciptakan suara di film, radio, televisi, musik, dan permainan. Selain itu, juga dapat melakukan live sound mixing untuk konser musik, teater, pertandingan olahraga dan acara lainnya.

Kelebihan Pekerjaan Jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa tidak memerlukan tempat untuk mempresentasikan produk yang dijual, yang tentunya dapat menghemat modal dan biaya operasional. Kemudian, tidak memerlukan penyimpanan khusus karena tidak ada produk yang dijual di pabrik ini. Pekerja jasa membantu masyarakat yang sangat sibuk dengan memberikan kemudahan

Pekerjaan jasa adalah salah satu bidang di mana Anda dapat berpartisipasi jika tidak ingin melakukan hal-hal ekstra di luar lapangan. Sebagian besar pekerjaan semacam ini dapat dilakukan di rumah atau di belakang layar dengan mengandalkan koneksi internet. Jika anda tertarik, bisa coba mencari contoh surat lamaran kerja untuk mendaftarkan diri di sebuah perusahaan.