Ketika datang ke sebuah restoran atau rumah makan, yang diinginkan pelanggan bukan hanya untuk menikmati makanan yang lezat saja tetapi juga untuk bersantai di ruang yang menyenangkan dan nyaman. Karena itu desain rumah makan sederhana tapi menarik perlu diperhatikan oleh pemilik rumah makan.

Jika pelanggan tidak terkesan desain rumah makan, mereka mungkin tidak akan kembali lagi ke rumah makan tersebut. Oleh karena itu, jangan remehkan estetika dalam tahapan desain rumah makan karena ini sangatlah penting.

Pada artikel di bawah ini, Kamu dapat mempelajari standar desain rumah makan sederhana tapi menarik.  Sehingga nantinya saat membangun rumah makan, pelanggan akan merasa nyaman dan bekesan datang ke rumah makan yang kamu miliki dan ingin kembali lagi ke rumah makan yang kamu miliki.

Standar Desain Rumah Makan Sederhana Tapi Menarik

Sebuah rumah makan yang ingin menarik pelanggan tidak bisa mengabaikan tahap desain dan dekorasi, karena ini merupakan faktor yang akan mempengaruhi visual, emosional dan bahkan selera pelanggan.

Karena itu kamu wajib untuk mengetahui beberapa standar  desain rumah makan sederhana tapi menarik berikut ini.

1. Desain ruang makan

Mendekorasi rumah makan dengan benar akan membantu Kamu menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan. Saat ini banyak pemilik rumah makan memanfaatkan ruang yang ada dengan memiliki banyak meja untuk meningkatkan kapasitas penunjung yang datang.

Namun, dengan penataan ini secara yang tidak diatur dengan baik akan membuat ruang duduk para tamu menjadi sempit, dan membuat pelanggan kehilangan kenyamanan serta privasi. Sehingga Kamu akan mendapatkan penilaian negatif di mata pelanggan tentang standar desain ini.

Menurut pakar desain interior rumah makan, ruang makan harus memiliki jarak minimal 1 m persegi sampai 1,4 m persegi. Ini adalah jarak yang paling nyaman untuk pelanggan saat menikmati makanan dan ingin berbicara dengan orang yang makan bersama, selain itu dengan desain seperti ini juga akan membuat nyaman bagi staf pelayan untuk berjalan melayani pelanggan.

Kombinasikan lebih banyak lampu dan dekorasi rumah makan yang berbeda untuk menciptakan suasana berkuliner yang penuh warna. Gaya desain rumah makan harus sesuai dengan pelanggan yang Kamu tuju. Contohnya, saat kamu membangun rumah makan kelas atas pasti kamu harus menggunakan dekorasi dan bahan interior yang lebih mewah.

2. Desain dapur rumah makan

Meskipun area dapur tidak secara langsung mendatangkan pendapatan bagi rumah makan, namun secara tidak langsung desain dapur dapat menentukan kinerja rumah makan. Kamu harus menghitung area tepat untuk area penerimaan barang, area penyimpanan, area persiapan makanan, area memasak, area mencuci piring, ara peralatan staf, dan kantor kecil yang nyaman untuk manajemen harian staf juru masak.

Peralatan masak dan peralatan dapur rumah makan harus lengkap dan ditempatkan pada area yang tepat agar mudah digunakan karyawan. Sehingga karyawan tidak harus berjalan bolak-balik dalam waktu yang lama. Selain itu sistem pencahayaan, suhu, dan ventilasi juga perlu kamu perhatian sercara khusus dalam mendesain dapur rumah makan.

3. Desain bar rumah makan

Untuk membuat bar yang berada rumah makan agar lebih menarik, kita perlu memahami standar desain bar di rumah makan berikut :

  • Menarik perhatian pelanggan

Saat mendesain bar, Kamu harus mempertimbangkan ini desain bar secara keseluruhan, karena bar bukan hanya sekadar bentuk dekorasi. Bar di rumah makan yang baik harus bersifat instruktif, menarik perhatian pelanggan dan mempermudah pelanggan memilih hidangan favorit yang mereka butuhkan.

  • Ukuran yang pas

Panjang bar juga harus diperhitungkan agar mendapatkan ukuran yang paling nyaman, wastafel terkecil yang digunakan bartender nantinya ukuran minimalnya adalah 60 cm, meja kerja bartender sekitar 60 cm, selebihnya ukuran meja bar bisa berdasarkan kebutuhan dan keperluan rumah makan yang kamu buat.

Selain itu, Kamu juga harus memperhatikan ketinggian lemari yang terdapat di meja bar, setiap lemari minimal memiliki tinggi 30-40cm. Dan pada bagian counter top meja bar yang terbaik harus menggunakan bahan tahan aus dan tahan air yang baik karena bar adalah tempat yang sering terpapar tumpahan makanan dan minuman.

4. Desain Meja Kasir

Desain meja kasir sangat penting dalam bisnis rumah makan, karena di meja karis pelanggan menaruh uangnya untuk membayar makan. Lokasi meja kasir bisa ditempatkan di sisi kanan rumah makan sehingga bisa membuat nyaman pelanggan saat keluar dari rumah makan untuk membayar.

Di belakang meja kasir, kamu harus menambahkan sebuah partisi yang menjamin keamanan kasir dan tempat penyimpanan uang.  Desain ketinggian meja kasir bisanya menggunakan tinggi sekitar 110cm sampai 120cm, ukuran ini tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, dan ini adalah ukuran paling nyaman untuk pekerjaan kasir dan pelanggan saat melakukan pembayaran.

5. Desain kamar mandi atau Toilet

Sering diabaikan oleh pemilik rumah makan, area kamar mandi atau toilet juga perlu memberikan perhatian khusus dari segi kebersihan dan menerapkan desain yang indah. Sehingga dapat meninggalkan pengalaman yang luar biasa dan menciptakan kesan baik di benak pelanggan.

Kamu perlu memperhatikan untuk menempatkan toilet di tempat yang mudah ditemukan pelanggan. Sistem pencahayaan yang lengkap dan nyaman.

6. Desain Ruang VIP atau Meeting Room

Saat masuk ke ruang VIP atau meeting room, pelanggan harus dimanjakan dengan fitur unik dan mengesankan yang terpancar dari pemilihan warna, desain sistem meja makan, langit-langit, gorden, dan detail di sekitar ruangan ini. Sehingga akan memberikan tampilan yang menyenangkan, dan berkontribusi untuk meningkatkan kenikmatan saat menyantap makanan dan menambah nafsu makan.

Kamu bisa menambahkan dekorasi yang ringan dan tidak terlalu mendetail, tetapi dapat memberikan kesan desain ruangan yang unik dan berbeda. Sehingga membuat pelanggan yang masuk ke ruang VIP benar-benar dibedakan dengan pelanggan umum.

Tips dan Cara Desain Rumah Makan Sederhana Tapi Menarik

1. Pilih gaya desain yang tepat

Ada banyak gaya desain rumah makan yang bisa Kamu pilih seperti desain rumah makan ala Jepang, Cina, Korea, gaya desain rumah makan outdoor atau taman, desain rumah makan modern, atau desain rumah makan sederhana, dan lainnya.

Saat memilih gaya desain sebaiknya pilihlah desain yang menciptakan gaya desain kamu sendiri, bukan hanya mengikuti trend desain rumah makan yang ada saat ini. Untuk membuat rumah makan sederhana yang kamu miliki lebih aman, kamu juga bisa pertimbangkan menggunakan pintu harmonika pada bagian depan pintu utama rumah makan.

2. Pilihan warna yang menarik

Warna merupakan elemen kecil namun memiliki pengaruh kuat dalam desain interior rumah makan. Karena warna rumah makan yang kita gunakan akan menarik dan membantu penlanggan lebih merasa lapar.

Pemilihan warna utama dalam desain rumah makan atau warna khas rumah makan, harus berdasarkan warna utama rumah makan sebesar 60% dan sisa 30% warna adalah dari warna furnitur yang digunakan. Warna aksen yang umum digunakan pada rumah makan adalah 10% dan merupakan tone khusus untuk menciptakan aksen warna yang menjadi ciri khas rumah makan kamu miliki.

3. Koordinasi pencahayaan yang tepat

Banyak orang yang datang ke rumah makan memiliki kebiasaan membawa buku membawa laptop. Jadi selalu pastikan rumah makan kamu buat memiliki pencahayaan yang cukup agar pelanggan bisa dengan nyaman melakukan apa yang mereka suka atau pencahayaan yang cukup juga dapat mempermudah pelanggan untuk membaca menu makanan.

Kamu juga perlu ketahui, bahwa jendela adalah detail terindah dari sebuah rumah makan karena merupakan titik penghubung antara ruang di dalam dan di luar. Rumah makan dengan banyak jendela, akan mendapatkan cahaya alami secara penuh. Apalagi jika rumah makan memiliki pemandangan yang indah, maka dengan banyaknya jendela atau jendela yang berukuran besar akan disukai pelanggan.

Oleh karena itu, beberapa tahun terakhir ini gaya desain rumah makan semi terterbuka dan desain rumah makan taman semakin populer karena kedekatannya dengan alam dan menghadirkan pencahayaan alami.

Namun, Kamu juga perlu memperhatikan satu hal saat mendesain pencahayaan pada rumah makan yaitu cahaya yang tidak boleh terlalu terang. Karena bisa membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Jika cahayanya terlalu cerah, Kamu dapat menutup beberapa jendela atau menggunakan peralatan pencahayaan dengan kecerahan dan suhu yang sesuai.

Pencahayaan lampu yang digunakan juga harus bisa menarik perhatian dan lampu harus bersih dan terlihat menarik. Banyak rumah makan menjaga kebersihan, tetapi lupa membersihkan lampu yang digunakan di rumah makan.

4. Menciptakan Suasana Yang Menyenangkan Dengan Musik

Untuk menghindari kesalahan dalam standar desain rumah makan, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan musik. Kamu tidak perlu berinvestasi dalam sound system yang mahal, kecuali jika Kamu berniat menjalankan bisnis club and bar.

Yang perlu Kamu lakukan yaitu memilih jenis musik yang sesuai dengan gaya rumah makan yang kamu miliki dan pilih musik yang membuat pelanggan merasa rileks dan nyaman saat menyantap makanan.

Volume saat memutarkan musik juga merupakan hal yang perlu Kamu ingat. Suara musik tidak boleh terlalu keras, tetapi juga tidak terlalu kecil suaranya karena dapat menimbulkan rasa lelah dan bosan.

5. Pengharum ruangan untuk rumah makan Anda

Rumah makan merupakan tempat yang akan mensintesis banyak bau yang tidak menyenangkan. Tidak peduli seberapa nyaman, berkelas, dan bersih rumah makan yang kamu miliki, munculnya bau tak sedap di dalam rumah makan tidak bisa dihindari. Penyebabnya bisa karena:

  • Pengunjung rumah makan yang ramai akan meninggalkanbanyak bau yang berbeda ke dalam ruangan seperti bau keringat, parfum, sepatu dan bau lainnya.
  • Bau minyak dan makanan di udara
  • Bau asap rokok
  • Bau ACdan interior
  • Bau tidak sedap dari toilet

Menggunakan pengharum ruangan atau wewangian secara langsung mempengaruhi indera penciuman dan dapat mempengaruhi persepsi setiap pelanggan. Sehingga menggunakan pengharum ruangan akan berkontribusi untuk meninggalkan kesan yang positif dari pelanggan.

6. Ruang yang nyaman

Salah satu kesalahan yang sering terjadi pada desain rumah makan adalah tidak menciptakan ruang yang nyaman dan menyenangkan bagi pelanggan. Karena itu kamu harus menggunakan lampu dengan temperatur warna yang hangat, penggunaan furniture sebaiknya juga terbuat dari bahan yang memberikan kesan hangat seperti kayu, kain, dan hindari menggunakan terlalu banyak detail metalik atau batu. Suhu ruangan juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan pemilik rumah makan, terutama di musim hujan.

Kamu harus melengkapi AC 2 arah agar rumah makan Kamu selalu sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin.

Itulah tadi beberapa tips dan cara desain rumah makan sederhana tapi menarik, sehingga rumah makan yang kamu bangun nantinya akan memiliki lebih banyak pelanggan dan memiliki nilai positif dari pelanggan.